Temulawak merupakan Tanaman Obat Mujarab

Advertisement
SUDUT KESEHATAN | Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Di Jawa Barat temulawak disebut sebagai koneng gede sedangkan di Madura disebut sebagai temu lobak. Kawasan Indo-Malaysia merupakan tempat dari mana temulawak ini menyebar ke seluruh dunia. Saat ini tanaman ini selain di Asia tenggara dapat ditemui pula di Cina, Indo Cina, Bardabos, India, jepang, Korea, Amerika Serikat, dan beberapa negara Eropa (Nurcholis, 2006).

Secara lengkap klasifikasi temulawak adalah sebagai berikut: kerajaan plantae, divisi spermatophyta, sub divisi angiospermae, kelas monocotyledonae, keluarga zingiberaceae, genus Curcuma, dan spesies Curcuma xanthorrhiza Roxb (Tetan-el, 2014).

Secara alami temulawak tumbuh dengan baik di lahan-lahan yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari. Di habitat alaminya, rumpun tanaman ini tumbuh subur di bawah naungan pohon bambu dan jati. Meskipun demikian temulawak juga dapat tumbuh di tempat yang terik, seperti di tanah tegalan. Tanaman ini memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap berbagai cuaca di daerah beriklim tropis. Suhu udara yang baik untuk budidaya tanaman ini
antara 19-30°C (Nugroho et al., 2008). Tanaman ini memerlukan curah hujan tahunan antara 1000-4000 mm/tahun. Temulawak dapat tumbuh di dataran rendah dan tinggi, sampai ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, bahkan dapat tumbuh hingga ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut (Nurcholis, 2006).

Temulawak merupakan Tanaman Obat Mujarab

Perakaran temulawak dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis tanah baik tanah berkapur, berpasir, agak berpasir, maupun tanah-tanah berat yang berliat. Produksi rimpang yang optimal diperlukan tanah yang subur, gembur, dan berdrainase baik. Pemupukan anorganik dan organik diperlukan juga untuk memberi unsur hara yang cukup dan menjaga struktur tanah agar tetap gembur. Tanah yang mengandung bahan organik diperlukan untuk
menjaga agar tanah tidak mudah tergenang air (Nurcholis, 2006).

Subscribe to receive free email updates: